Agenda Kegiatan

[more detail]

 

Banner 01 Banner 02 Banner 03

 

Flag Counter

News Update

169 Yacht akan Semarakkan Sail Komodo 2013
12 Juli 2013

DEKIN NEWS. Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia (DEKIN), Dedy H. Sutisna menjelaskan salah satu tujuan penyelenggaraan Sail Komodo adalah mengembangkan rute pelayaran kapal-kapal yacht dunia ke perairan Indonesia, termasuk untuk mewujudkan Nusa Tenggara Timur menjadi Destinasi Utama Pariwisata Dunia. Hal tersebut disampaikan Dedy H. Sutisna saat memimpin rapat koordinasi Sail Komodo di Jakarta, Kamis (12/07).

Sementara itu, Direktur Penanganan Pelanggaran Ditjen Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Lapis Silalahi, dalam kesempatannya, menjelaskan bahwa 169 yacht dari berbagai negara saat ini sudah terdaftar dan siap berpartisipasi dalam event internasional Sail Komodo 2013. Yacht rally melibatkan 3 operator dengan rute yang berbeda-beda, yaitu Aswindo sebanyak 121 yacht, Back to Down Under Rally 30 yacht, dan Darwin Ambon Yacht Race 18 yacht

Aswindo yang mengusul Sail Indonesia mengambil rute Saumlaki, Banda, Wakatobi, Buton Utara, Bombana, Takabonerate, Lombok Utara, Kumai, Karimun Jawa, Manggar, Bangka Tengah, Kupang, Wini, Belu, Alor, Lewoleba, Larantuka, Maumere, Riung, Nagekeo, Rote Ndao, Sabu Raijua, Waingapu, Waikelo, Mborong, dan Labuan Bajo. Sementara itu, Darwin Ambon Yacht Race berlayar dari Ambon, Banda, Saumlaki, Tual, Ternate, Bitung, Makassar, Buton, Labuan Bajo, dan berakhir di Bali. Sedangkan  Back to Down Under Rally berlayar dengan rute  Saumlaki, Kupang, Tj. Bastian, Kalabahi, Lowoleba, Larantuka, Maumere, Maumere, Mausambi, Riung, Labuan Bajo, TTU, Alor, Lembata, East Flores, Sikka, Ende, Ngada, dan West Manggarai

Berbagai persiapan telah dilakukan pemerintah untuk menyambut peserta yacht rally ini, dengan menyiapkan 4 entry point sebagai pintu masuk, yaitu Saumlaki, Kupang, Bintan dan Tarakan.

Yacht rally akan diawali dengan kegiatan flag off oleh Menteri Kelautan dan Perikanan pada tanggal 4 Agustus 2013 di Kupang, dilanjutkan dengan penjelajahan perairan Indonesia oleh para yachter, hingga berakhir di Labuan Bajo 14 September 2013 untuk mengikuti sailing pass pada puncak acara Sail Komodo.

 

20 September 2013
20 September 2013
14 September 2013
14 September 2013